Rabu, 21 April 2010

sistem informasi koperasi

1. URAIAN POSEDUR
Uraian prosedur bertujuan untuk mengetahui proses-proses apa saja yang telah dilakukan pada sistem yang sedang berjalan.
Berikut ini adalah uraian prosedur sistem simpan pinjam pada Koperasi Pegawai Pendidikan dan Kebudayaan Cikokol Tangerang :
a. Proses Pendaftaran Anggota
b. Proses Simpanan
c. Proses Pinjaman
d. Proses Angsuran
e. Proses Pembuatan Laporan

a. Pendafteran Anggota

Calon anggota mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran kemudian formulir tersebut disimpan pada arsip daftar dan diserahkan kepada ketua pengurus dan mendapatkan kartu anggota sementara.
b. Proses Simpanan
Setelah jadi anggota, anggota diwajibkan menyimpan dan embayar simpanan pokok sebesar Rp 50000 dan simpanan wajib sebesar Rp 25000/bulan dengan membaca file daftar untuk diarsipkan, Dengan melakukan transaksi penyetoran uang (simpanan pokok,simpanan wajib dan simpanan sukalera) kemudian dicatat dalam daftar simpanan.
. Proses Pinjaman
Setelah menyimpan, anggota mengisi formulir permohonan pinjaman, formulir tersebut diserahkan kepada pengurus dan bendahara untuk mendapatkan dafar realisaimdengan membaca arsip anggota dan dikenakan bunga sebesar 2%.
Proses Angsuran
Angsuran boleh diangsur sebanyak 12x untuk melunasi pinjaman atau sesuai kesepakatan awal pada saat melakukan pinjaman.
Proses Pembuatan Laporan
Pembuatan laporan dilihat berdasarkan data-data yang telah diarsipkan selama 1 periode.Laporan ini dibuat untuk mengetahui daftar jumlah simpanan dan daftar pinjaman yang kemudian diserahkan kepada ketua pengurus.



KETUA
Mengolah dan mempertanggungjawabkan jalannya koperasi, menyusun rencana kerja dan RAPB tahunan koperasi, menandatangani surat-surat penting, memonitor kegiatan pengurus koperasi, mengatasi segala permasalahan atas pelaksanan tugas yang dijalankan oleh para pengurus.
WAKIL KETUA
Menggantikan posisi ketua jika ketua berhalanagan hadir, memonitor kegiatan niaga kopersi, membantu ketua manjalankan tugas, melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya pada ketua.
KABID TATA NIAGA
Menyusun, mengatur dan melaksanakan rencana kegiatan usaha koperasi.
KASI TABUNGAN
Mencatat dan menyusun pembukuan bagi anggota yang melakukan simpanan atau menabungkan uangnya pada koperasi baik simpanan pokok, wajib, dan sukarela.
KASI KREDIT
Mencatat dan menyusun pembukuan bagi anggota yang melakukan pinjaman pada koperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar